Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Proses Penyembelihan Yang Benar Lapas Kolonodale Gandeng Dinas Peternakan

BERITA414 Dilihat

Kolonodale – Momen hari raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban, Lembaga Pemasayrakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale melakukan penyembelihan terhadap 4 (empat) hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1444 H tahun ini. Kamis, (29/06).

Untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih dalam keadaan sehat Lapas Kolonodale bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Morowali Utara untuk melaksanakan pemeriksaan hewan kurban yang akan disembelih. Pemeriksaan Kesehatan hewan sebelum disembelih sangat penting mengingat banyak sekali penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Morowali Utara, Fatmawati S. Marisu mengatakan, dalam pelaksanaan kurban kita harus memperhatikan tiga pokok yaitu kesehatan dari hewan yang akan di kurbankan, proses penyembelihan dan distribusi daging kepada yang membutuhkan.

“Dalam hal penyelenggaraan hewan kurban harus memperhatikan ketentuan teknis yang diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) nomor 114 Tahun 2014 tentang pemotongan hewan kurban,” ungkapnya.

Sementara itu Kalapas Kolonodale Arifin Akhmad mengatakan bahwa hewan kurban yang telah disembelih nantinya akan diberikan kepada warga binaan, untuk itu sebelum disembelih hewan kurban tersebut harus melalui pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Morowali Utara.

“Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban terdapat dua aspek yang perlu kami perhatikan yang pertama aspek kehalalan dari cara penyembelihan dan aspek kesejahteraan hewan sehingga dapat memperoleh daging kurban yang ASUH (aman, sehat, utuh dan Halal). Sebagaimana yang tercantum dalam Permentan No. 114 Tahun 2014 tentang pemotongan hewan kurban’’ ucap Kalapas Kolonodale Arifin Akhmad.

Dari hasil pemeriksaan hewan yang dilaksanakan ditemukan bahwa keempat hewan kurban Lapas Kolonodale dinyatakan aman dan sehat untuk disembelih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *