Bupati Morut Hadiri HUT Ke-104 Desa Tontowea

BERITA647 Dilihat

Morut Pos– Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Tontowea Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara (Morut) yang ke104 tahun dihadiri langsung oleh Bupati Morowali Utara dr Delis Julkarson Hehi, didampingi Ny Febryanti dan Asisten 1 Drs Viktor Tamehi serta Kabag Prokompi Herry pinontoan, bertempat di gedung serba guna Kantor Desa Tontowea. Selasa (28/6/2022).

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Petasia Barat Sat Yun Man Bert Lauo beserta jajaran, Camat Lembo Benhart Hambuako, perwakilan Polsek Petasia dan Koramil Petasia, para perangkat desa Tontowea, Ketua serta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tontowea, Tokoh Agama, adat serta Tokoh Masyarakat Desa Tontowea dan para undangan lainnya yang sempat hadir.

Kedatangan Bupati Morowali Utara dan rombongan disambut langsung dengan penyambutan secara adat Mori, diikuti dengan pertunjukkan Tarian adat suku Mori yaitu Tarian Lumense. Dengan penuh kekeluargaan rasa bahagia diterangkan secara langsung oleh Bupati Morowali Utara karena dapat berkumpul bersama masyarakat pada kesempatan itu.

Ucapan selamat ulang tahun juga ia sampaikan dengan harapan Desa Tontowea dapat menjadi lebih maju dan masyarakatnya sejahtera, sembari berpesan kepada masyarakat untuk terus bersatu dan menjaga kerukunan.

Dalam sambutannya, Bupati Delis fokuskan Pembangunan Insfrastruktur Jalan, Peningkatan Kesehatan serta Kesejahteraan Masyarakat Desa Tontowea.

Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa program desa yang tengah dicanangkan saat ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dimana masyarakat dapat memanfaatkan dana KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang diberikan oleh Perbankan dengan bunga yang sangat rendah. Pemda juga akan membantu dalam merealisasikan permohonan yang diajukan oleh masyarakat dalam permintaan dana KUR dari Perbankan tersebut. Selain dana KUR, Pemda juga sudah menyiapkan bantuan modal usaha sebesar Rp 300 juta per desa untuk UMKM yang ada di desa desa di Kabupaten Morowali Utara.

Bupati juga ingatkan bahwa ada beberapa titik infrastruktur jalan di Kabupaten Morowali Utara yang akan dibangun serta saat ini tengah menunggu proses realisasi. Terutama pada beberapa ruas jalan nasional dimana pembangunanya ditangani langsung oleh Dinas PU Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk infrastruktur jalan di ruas jalan Desa Tiu-Tontowea rencananya tahun ini akan segera direalisasikan. Oleh karena itu Bupati mengajak masyarakat serta perangkat desa untuk Bersama sama mengawasi proses pembangunan jalan tersebut.

“Selamat Ulang Tahun Ke-104 Desa Tontowea. Terima kasih kepada Kepala Desa dan segenap perangkat desa yang telah bergerak cepat dalam merealisasikan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Terima kasih juga kepada masyarakat yang telah menyambut kami secara adat dengan sangat meriah. Kami berharap program yang telah dicanangkan dapat direalisasikan dengan baik. Jaga selalu keamanan dan susana kondusif agar para calon investor diluar sana merasa yakin terhadap daerah yang kita cintai ini. Kita doakan bersama semoga desa ini menjadi desa yang maju, masyarakatnya akan menjadi masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera,” pungkas Delis.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis berbagai jenis tanaman komoditi dan berbagai jenis obat-obatan kepada masyarakat Desa Tontowea serta penandatanganan “Komitmen Bersama Lintas Sektor untuk mendukung Pencanangan Wajib Tanam 200 Pohon Produktif dan Kesehatan Mandiri Desa”.

Diakhir kegiatan Bupati menyempatkan diri untuk memantau sekaligus membeli hasil UMKM masyarakat Desa Tontowea seperti kerajinan tangan maupun berbagai jenis makanan.

“Pesan untuk seluruh masyarakat mari kita terus bersatu padu, menjaga kerukunan kedamaian serta terus memelihara kebersamaan yang sudah ada selama ini untuk membangun kearah yang lebih maju lagi menuju masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tontowea Salmon Toganti pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Morowali Utara dr Delis Julkarson Hehi beserta rombongan serta semua pihak yang ikut menyukseskan Hut Desa Tontowea yang jatuh pada hari itu tanggal 22 Juni 2022 tepat berusia 104 tahun. Ia juga menerangkan mengenai Desa Tontowea baik dari luas wilayah sampai dengan awal jumlah masyarakat pada tahun 1933-2022 yang merupakan masyarakatnya dari berbagai suku, agama dan ras yang selalu hidup rukun, dengan menjadikan Desa Tontowea sebagai rumah bersama.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *