Sekda Parimo Resmi Buka Seminar Temu Bisnis di Pantai Mosing

BERITA519 Dilihat

PARIMO-  Zulfinasran, SSTP, M.A.P. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), membuka secara resmi Seminar dan Temu Bisnis Industrialisasi Budidaya Udang Vaname di kawasan Teluk Tomini.

Hal itu dilakukan demi mendukung ketahanan pangan nasional yang di gelar di Pantai Mosing, Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan, yang merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan hari Ikan Nasional (Harkannas) 2022.

“Harkannas saat ini merupakan momentum yang sangat strategis untuk bersinergi dan menjadi langkah awal yang baik dalam memaksimalkan pengelolaan sumberdaya laut dan perikanan untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” kata Zulfinasran Sabtu, (19/11/2022).

Ia juga menjelaskan, seminar dan temu bisnis ini merupakan rangkaian acara pada perayaan harkannas yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 19 hingga 21 November.

Kegiatan ini di gelar di dua lokasi, yakni Pantai Mosing dan di Halaman Kantor Bupati.

Menurutnya, Potensi kawasan Teluk Tomini kaya akan sumberdaya kelautan dan perikanan sehingga perlu digagas untuk menjadi sebuah kawasan ekonomi khusus yang berbasis industri perikanan khususnya udang Vaname.

“Semoga terus berkembang dan memberikan dampak yang positif daerah, masyarakat Parimo maupun provinsi Sulteng,” harapnya.
Ia juga meminta untuk para pelaku usaha agar memperhatikan aspek berkelanjutan agar usaha budidaya udang mampu bertahan lama.

Jangan hanya mengejar produksi tetapi tidak memperhatikan aspek lingkungan sehingga usaha budidaya tambak udang tidak bisa bertahan lama.

Dalam seminar dan temu bisnis tersebut turut hadir narasumber yang berkompeten di bidangnya. Seperti Tenaga Ahli SDA Kemenakar Marves, Kementrian koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pengusaha Tambak Udang Supra intensif.

Laporan: Basrul Idrus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *