Komnas HAM Sulteng Kunjungi Lapas Kolonodale Jalin Koordinasi dan Silaturahmi

BERITA98 Dilihat

Kolonodale – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale dalam rangka koordinasi dan silaturahmi. Pada Rabu, (10/05)

Kedatangan tim Komnas HAM Sulteng tersebut disambut hangat oleh Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban (Kasubsi Kamtib) Lapas Kolonodale Heru Cahyono. Selain dalam rangka koordinasi dan silaturahmi, kedatangan Tim Komnas HAM Sulteng di Lapas kolonodale yaitu untuk mengunjungi dua orang narapidana kakak beradik yang sedang menjalani masa pidana di Lapas Kolonodale.

Kedua terpidana tersebut sebelumnya merupakan petani sawit yang berasal dari Kec. Petasia Timur, dan saat ini menjalani masa pidana terkait kasus pencurian buah sawit yang dilaporkan oleh salah satu perusahaan sawit di daerah kec. Petasia Timur. Tim Komnas HAM Sulteng memastikan terpenuhinya hak asasi manusia terhadap kedua narapidana tersebut dan terkhusus lagi seluruh warga binaan Lapas Kolonodale.

Pada kesempatan ini Tim Komnas HAM Sulteng tersebut juga diajak untuk melihat sarana prasarana pelayanan publik seperti ruang kunjungan, blok hunian, ruang pembinaan kerohanian berupa rumah ibadah serta ruang pembinaan kemandirian berupa ruang kegiatan kerja.

Ketua Tim Komnas HAM Sulteng Indra mengapresiasi ruang pelayanan publik yang ada pada Lapas Kolonodale yang telah memiliki jalur khusus disabilitas dan toilet khusus disabilias yang juga diperuntukkan untuk kolompok rentan.

“Saya terkesan saat sampai di Lapas Kolonodale karena suasananya yang asri dan bersih, baik di halaman depan Lapas maupun di dalam. Serta juga dalam memberikan pelayanan publik telah tersedia jalur khusus bagi penyandang disabilitas yang mana itu sangat baik,” ujar Indra.

Dalam kesempatan ini juga Tim Komnas HAM Sulteng berksempatan melihat langsung proses pembinaan kerohanian warga binaan yang beraga kristen yang sedang melaksanakan Ibadah yang dipimpin oleh Koordinator Keagamaan Kristen yang juga anggota DPRD Morowali Utara Udi Yanto Baoli bersama dengan Pendeta Imanuel yang merupakan Misionaris Daerah Wana.

Kunjungan Tim Komnas HAM Sulteng ini juga untuk koordinasi terkait dengan pemenuhan Hak Konstitusional warga binaan Lapas Kolonodale. Menyikapi hal itu Kasubsi Kamtib Lapas Kolonodale Heru Cahyono menyampaikan Lapas Kolonodale berkomitmen untuk memenuhi seluruh hak warga binaan sebagaimana yang telah diatur dalam Bab II UU No. 22. Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Ditengah keterbatasan kami tetap berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi ha-hak warga binaan yang salah satunya ialah hak politik pada Pemilu 2024 mendatang” ucap Heru.
“Dan hal itu telah terwujud dalam kerjasama yang telah kami lakukan bersama Disdukcapil Morowali Utara dalam perekaman dan pencetakan E-KTP sebagai bagian dari pemutakhiran data pemilih” tambahnya.

Pada kunjungan ini, Tim Komnas HAM juga melihat langsung greenhouse hidroponik Lapas Kolonodale yang menjadi ikon Lapas Kolonodale. Kunjungan Tim Komnas HAM Sulteng di Lapas Kolonodale berlangsung aman dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *