Calon Paskibraka Morut Gagal ke Istana. Kaban Kesbangpol Protes Keras.

BERITA451 Dilihat

MORUT- Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. Arfan, M. Si menyampaikan hasil seleksi Paskibraka yang mewakili Sulteng. Rabu, 17 Mei 2023.

Dalam penyampaian hasil seleksi tersebut, Kesbangpol Propinsi yang di tunjuk oleh Gubernur Sulteng sebagai panitia seleksi. Menyampaikan nama 2 peserta putra dan putri yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Tengah ke Nasional, yang nantinya bertugas sebagai Calon Pengibar Bendera Pusaka di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Mereka adalah Amal Fitra Putra Kedua asal SMK Negeri 1 Toli-toli dan Gracia Marselina asal SMA Negeri 1 Palu.

Pengumuman ini sontak mendapat sorotan dari Kesbangpol Kabupaten Morowali Utara. Berdasarkan hasil penilaian Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Nama Vito Refianto Lagama sebagai Calon utama asal kabupaten Morowali Utara.

Vito Refianto Lagama Calon Paskibraka Tingkat Pusat, utusan Propinsi Sulawesi Tengah, asal Sekolah SMK Rahmani Beteleme, namanya tidak masuk dalam utusan Propinsi Sulteng.

Berikut penjelasan Kaban Kesbangpol Drs. Arfan, M. Si kepada media.

“Itu rekom BPIP bukan hasil akhir, bukan hal mutlak. Itu orang BPIP yang bertanda tangan ikut rapat sama kita. Yang dikeluarkan oleh BPIP itu belum Hasil akhir,” ujar Kaban Kesbangpol Propinsi (18/5).

Kaban Kesbangpol Propinsi menambahkan bahwa bukan dirubah atau diganti, tetapi hasil rapat yang memutuskan. Dalam rapat tersebut juga diikuti oleh BPIP yang bertanda tangan dalam dokumen yang beredar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Morowali Utara, Defridas Hi. Sabolla, SH tetap mengacu pada hasil seleksi yang dilakukan BPIP. Pernyataan ini kembali disampaikan Kaban Kesbangpol Morut dalam diskusi di WG Info Morowali.

“Intinya Bu, sy Tidak Terima Utusan Morowali Utara di Ganti… Sy tetap Pegang Surat BPIP Pusat.., ” tulis Kaban Kesbangpol merespon komentar Hi. Megawati Ambo Asa dalam grup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *