210 WBP Lapas Kolonodale Ikuti Hari Pertama Skrining ACF TBC

BERITA528 Dilihat

Kolonodale – Kegiatan Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) tahun 2023 Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Kolonodale bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Kab. Morowali Utara, RSUD Kolonodale Kab. Morowali Utara dan Tirta Medical Center (TMC). Jumat (01/09)

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi / rentan terhadap penularan / penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas / Rutan.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari Jumat-Sabtu 1-2 September 2023 terhadap 320 orang WBP, dihari pertama ini kegiatan skrining telah diikuti oleh 210 Orang WBP. Sebelumnya skrining Gejala telah dilakukan oleh petugas Lapas Kolonodale yang bekerjasama dengan petugas kesehatan RSUD Kolonodale.

Sebelum melaksanakan skrining terlebih dahulu dilakukan sosialisasi terkait gejala dan bahaya penyakit TBC oleh dr. Muhammad Iqbal, dalam kesempatan tersebut Kalapas Kolonodale Arifin Akhmad juga memberikan sambutan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kalapas Kolonodale mengatakan dengan kegiatan sosialisasi tentang penyakit TBC tersebut dapat menambah pengetahuan WBP tentang gejala dan bahaya penularan penyakit TBC, beliau juga menyampaikan kepada WBP untuk mengikuti skrining dengan baik serta apabila merasakan gejala TBC untuk segera disampaikan agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Skrining CXR (rontgen dada) dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC). Kegiatan ini juga didampingi oleh petugas Dinas Kesehatan Morowali Utara beserta RSUD Kolonodale Kab. Morowali Utara

Dari 210 WBP yang telah mengikuti hasil rontgen dada (CXR) yang terduga TB sebanyak 107 orang dilanjutkan dengan pemeriksaan Tes Cepat Molekular (TCM) dikirim ke Laboratorium RS. Kolonodale Kab. Morowali Utara untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Pelaksanaan skrining ACF TBC terhadap WBP Lapas Kolonodale yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan berlangsung dengan aman dan tertib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *